Selasa, 14 Agustus 2012



My artikel….
Stop jobagate samua,karena itu tidak bagus…
    Hai teman-teman dan saudaraku semuanya,namaku stella salii  aku siswi dari SMA ADVENT KLABAT MANADO.
   Aku mempunyai satu tanggapan untuk semua teman-teman yang ada di sulut dan diseluruh Negara manapun . didaerah kita ini di Sulawesi utara sudah terkenal dengan istilah “manjo bagate”  padahal itu tidak bagus karena selain menjadi perusak itu menjadi suatu pemicu untuk menimbulkan kekacauan dan peperangan antar kampung,benar nggak ????  apalagi jika sudah ada acara dirumah tetangga dan mereka pada akhir acara membuat pesta miras waahh ini sangat lah buruk .
   Saudara-saudara menurut saya banyak dari siwa/siswi  yang sudah kecanduan dengan miras atau boleh disebut dengan bahasa sehari-hari ialah miras,kebanyaka dari kalangan muda ini jika mereka sudah stres  pada pancar pastinya pelarian mereka adalah miras bersama-sama dengan teman-temannya..sungguh menyehdihkan, sampai-sampai jika mereka sudah miras bersama mereka lupa akan perintah dan saran orangtuanya,padahal ini tidaklah sangat bagus untuk  anak-anak bangsa..
Ada lagi yang membuatku takut bahkan khawtir saudara-saudara bukan hanya dikalangan muda yang galau tapi para bapak-bapak juga sudah mengalami kegalauan,inilah yang dikatakan dunia semakin modern,saudara-saudara ternyata kalau bapak-bapak sudah galau mereka hanya menggunakan beberapa kata untuk melumpuhkan ibu-ibu yang ada dirumah begini katanya..
Bapak ; mama ,papa pergi ke warung sebentar yah..
Ibu  : mau buat apa diwarung sudah jam begini ?
Bapak ; cma nda lama biaslah bapak-bapak zaman sekarang “mau kase panas badan biar cman satu grem ”
Ibu ; apa… hmmm ???????
Saudara-saudara inilah cerita singkat saya,bagaimana bapak-bapak melumpuhkan seorang wanita hanya dengan satu grem. Yang pada akhirnya hanya berawal dari satu grem bisa-bisa timbul kekacauan ruamah tangga. Inilah akibatnya dari satu grem kalau lagu berkata..bisa-bisa ”pukul papa mantu” dan saudara-saudara sungguh mati ini 1 grem pengacau.. betul toh ?
Jadi saudara-saudara dengan teman-teman semua kalau galau jangan jah lari dimiras dengan warung itu tidak bagus , saudara-saudara ”berenti jobagate”.
   Saudara-saudara pastinya pernah dengar lagu ”biar bini pe hati karas mar captikus lebeh karas “
Adoh kasihan saudara kalau sampe itu captikus sudah beruasa di pa angko pe jiwa sudah jo,kurang tunggu mau anfal ,saudara captikus nda bagus pa torang pe diri so itu saudara supaya bini deng anak nda rugi dirumah saki sabantar ella  Cuma mau bilang”stop job agate”.                      
Salam for kawanua-kawanua manado,mari kita sukseskan tahun anti mabuk dengan tema,
”STOP JO BAGATE”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar